Thursday, April 1, 2010

Membuka dan Mengubah File PDF yang Di Proteksi

Sedikit tentang Adobe Reader,
Adobe reader itu sistem keamanan aplikasinya bekerja sesuai setingan user, kalau usernya teliti dengan setingan sistem keamanan yang ada maka file PDF akan aman dan sebaliknya.
Bagaimana cara kita menembus sistem keamanan PDF yang kadang kala mengganggu kita dalam pencetakan atau tidak bisa di kopy past, contoh sederhana yang saya alami, padahal pada saat itu keadaan sangat penting, kita harus mentranslete isi file PDF tersebut ke bahasa Indonesia, karena kebetulan kita dapat file bahasa rusia tentang keamanan jaringan hehe.
Mau ga mau harus di copy past, kita msuk ke tahap membuka proteksi :
1. kamu harus punya OS linux apa aja yg penting linux, saya di sini menggunakan ubuntu 9.10
2. kita perlu poppler-utils langsung masuk ke root terlebih dahulu lalu,
$ apt-get install poppler-utils
3. Selanjutnya masuklah ke direktori tempat file PDF tersebut berada. Direktori yang digunakan dalam artikel ini adalah $HOME/Documents. Untuk melihat informasi mengenai dokumen PDF, gunakan perintah pdfinfo
$ pdfinfo options
4. Untuk menkonversi dokumen PDF ke format teks, gunakan perintah pdftotext
$ pdftotext options
5. Untuk mengkonversi PDF ke format postscript, gunakan perintah pdf2ps
$pdf2ps -dASCII85EncodePages=false -dLanguageLevel=1|2|3 input.pdf output.ps
6. Untuk mengekstraksi gambar yang berada pada dokumen tersebut, gunakan perintah pdfimages.
$ pdfimages options
7. Untuk melakukan pencetakan, yang diperlukan hanyalah aplikasi kghostview.
selesai, disini yang tadinya file PDF Acrobat Reader tidak bisa di print ataupun di copy past sudah bisa di di ubah menjadi berbagai model teks .
kghostview memang untuk membaca dokumen postscript, namun selain file ps format pdf pun dapat dibaca oleh aplikasi yang satu ini. Bagaimana jika dokumen ‘teramankan’ tadi dibuka selain menggunakan kghostview, seperti kpdf atau xpdf? kpdf tidak memberikan akses untuk mencetak dokumen.

Melakukan pencetakan dokumen lewat kghostview, sama halnya dengan aplikasi lainnya, cukup dengan mengakses menu File > Print… atau dengan shortcut Ctrl + P. Tidak akan muncul peringatan bahwa dokumen PDF diproteksi dan sebagainya dan dokumen PDF tersebut pun akan dicetak di atas kertas. Pengaturan pencetakan pun dapat dilakukan, semisal pemilihan printer yang akan digunakan, pengaturan ukuran kertas, kualitas pencetakan, halaman yang akan dicetak dan sebagainya.

Sebagai informasi, versi PDF yang digunakan dalam tutorial ini adalah 1.4.
Semoga bermanfaat kawan.

No comments: